Azolla, Anabaena Azollae Relationship

Azolla merupakan tumbuhan kecil yang tumbuh diperairan dan merupakan tumbuhan yang mampu menambat N dari udara ( Atmosfire ). Azolla tidak sendiri dalam Menambat N diudara, Azolla bersimbiosis dengan Ganggang biru hijau atau Anabaena Azollae dalam menembat N dari udara. Anabaena sendiri merupakan Kelompok bacteria yaitu Cyanobacteria yang merupakan salah satu bakteri yang mampu menambat N dari udara diantara banyak bakteri lain yang mempunyai kemampuan sama.

Anabaena Dan Fiksasi Nitrogen

Fiksasi nitrogen merupakan kemampuan luar biasa dimana atmosfer inert gas nitrogen ( N2 ) yang dikombinasikan dengan hidrogen untuk membentuk amonia ( NH3 ). proses penting bersama nitrifikasi ( pembentukan nitrit dan nitrat ) dan amonifikation ( pembentukan amonia dari pembusukan protein ) membuat nitrogen tersedia bagi tanaman autotrophic dan akhirnya disalurkan kepada semua anggota ekosistem. Meskipun Azolla dapat menyerap nitrat dari air, juga dapat menyerap amonia disekresi oleh anabaena dalam rongga daun.

Keteranagan Gambar : 
  • Nitrogen yang ada di atmosfer ( N2 ) diubah melalui prosen nitrogenase menjadi amonia ( NH3 ). prosen ini membutuhkan banyak energi ( ATP ).

Penelitian dari tutup daun azolla mengungkapkan bahwa itu terdiri dari, tebal kehijauan ( kemerahan ) punggung lobus dan tipis, bagian perut tembus lobus emersed dalam air yang merupakan lobus atas yang memiliki rongga sentral bulat, dengan 'tempat tinggal' atau filamen Anabaena. Mungkin cara termudah untuk mengamati anabaena adalah dengan cara mengusap lobus daun punggung dan menempatkannya diatas slide yang bersih dengan setetes air, kemudian menerapkan slip  cover dengan tekanan yang cukup untuk mash fragmen daun. dalam 400x pembesaran filamen anabaena dengan lebih besar,Heterocysts oval akan terlihat disekeliling daun pakis air (azolla) yang sudah hancur. Heterocysts berdinding tebal akan sering muncul lebih transparan dan memiliki khas " Nodul Polar" Pada setiap akhir sel." Nodul Polar" Memungkinkan menjadi komposisi yang sama seperti butiran cyanophycin (co-polymer arginin dan asam aspartat).Cyanophycin butiran banyak terjadi pada cyanobacteria dan dapat berfungsi sebagai produk penyimpanan nitrogen.


Keterangan Gambar : 
  • Cyanobakteria berserabut ( Anabaena Azollae ) dari rongga dalam daun pakis air ( azolla ) dimana-mana semakin besar.  Sel oval atau heterocysts ( panah merah ), tempat dimana fiksasi nitrogrn-nitrogen atsmosfer ( N2 ) dikonversikan menjadi amoniak ( NH3 ). Nodul polar terlihat di beberapa heterocysts. Manfaat pakis air dari mitra bakteri merupakan suatu pasokan nitrogen yang dapat digunakan. Struktur sel ini telah sidikit banyak berubah dalam satu miliar tahun terakhir.
Penelitian terbaru menunjukan bahwa situs sebenarnya terjadi fiksasi nitrogen dalam heterocysts berdinding tebal. sebagi heterocyssts yang dewasa, membran fotosintesis ( membran tilakoid ) menjadi berkerut atau retikular dibandingkan dengan sel-sel fotosintetil teratur anabaena, dan mereka menjadi non-fotosintetik ( tidak dapat menhasilkan oksigen ). Fakta ini sangat penting, karena fiksasi nitrogen membutuhka nitrogenase enzim penting, dan aktifitas nitrogenase sangat dihambat oleh adanya oksige.