Aplikasi Penggunaan Azolla Pada Lahan Sawah

Kali ini Saya akan menuliskan bagaimana aplikasi azolla pada berbagai lahan. Azolla dapat diaplikasikan pada berbagai lahan sebagai pengganti pupuk Urea atau sebagai tamabahan untuk mengurangi dampak buruk dari pupuk kimia. yeng pertama adalah aplikasi pada lahan sawah.

Lapisan azolla Diatas permukaan sawah dapat menghemat penggunaan urea sebesar 50 Kg Urea/Ha, Kadang kala jika pada saat musim baik penggunaan azolla dapat menghemat penggunaan urea hingga 100 %. penggunaannya pada lahan sawah tidak lah sulit, bahkan bisa dibilang penggunaan atau pengaplikasiannya sangatlah mudah dan tidak membutuhkan biaya yang besar. selain itu kita juga bisa menyediakan azolla sendiri dan tidak perlu membeli azolla, kita bisa membudidayakannya sendiri. pembudidayaan azolla juga sangat mudah mengingat Azolla tumbuh diseluruh perairan yang ada diindonesia, dengan arti kata Azolla dapat hidup atau cocok untuk ditanam/dibudidayakan diseluruh perairan indonesia.
Cara menggunakannya dilahan sawah : 
  • Tebar Azolla secara bersamaan pada saat seminggu sebelum masa pembenihan padi.
  • Setelah lapangan penuh dengan azolla, lahan dibajak agar azolla terbenam dan bercampur dengan tanah sawah.
  • Lakukan penanaman pembenihan padi atau penanaman padi.
  • Azolla yang tidak terbenam bisa kita biarkan tumbuh. azolla yang tumbuh akan sanagt berfungsi dalam menambat N dari udara dan menyediakannya dlam perairan sawah dan akhirnya dapat dimanfaatkan oleh tanaman khususnya padi.
Azolla yang tumbuh dipermukaan sawah juga memiliki peranan sendiri, yaitu dapat menambat N dari udara dan mendistribusikan pada tanaman, selain itu azolla yang tumbuh dipermukaan juga berfungsi sebagai penghambat tumbuhnya gulma.


Aplikasi Penggunaan Azolla dilahan Kering

Selain Dapat diaplikasikan pada lahan sawah, Azolla juga dapat diaplikasikan pada lahan kering seperti perkebunan. pada perkebunan tanaman jagung misalnya, azolla dapat diaplikasikan sebagi tambahan pupuk atau bahkan dapat digunakan sebagi pupuk utama. Tidak hanya tanaman jagung, tanaman dartan kering lainnya juga bisa dilakukan aplikasi pemupukan dengan menggunakan Azolla.

Penggunaan Azolla dilahan Kering sebaiknya menggunakan azolla dalam bentuk pupuk kompos. hal ini disebabkan karena penggunaan azolla dalm bentuk kompos akan lebih efisien waktu dan lebih maksimal jika dibandingkan dengan penggunaan azolla dalam bentuk basah.
mengapa demikian?
Azolla yang sudah dalam bentuk kompos merupakan azolla yang sudah siap untuk digunakan oleh tanaman, sedangkan azolla yang masih basah masih memerlukan prosen pembusukan, dekomposisi untuk dapat dimanfaatkan oleh tanaman.

Cara Aplikasi Dilahan Kering :
  • Sediakan azolla dalam bentuk kompos atau basah.
  • bersihkan terlebih dahulu area disekeliling tanaman dari gulma dan hal-hal yang dapat mengganggu penyerapan oleh tanaman.
  • Setelah bersih taruh azolla atau pupukan azolla disekeliling tanaman.
  • Munkin akan lebih baik jika setelah dipupukan, kemudian ditimbunlagi dengan tahan, namun penimbuhan dengan tipis ( tidak ditimbun samapai hilang ), hal ini bertujuan jika terjadi hujan maka kompos azolla tidak terbawa arus.
Sanagt mudah bukan aplikasi penggunaan Azolla, tidak ada yang sulit dalam pengaplikasiannya. semoga artikel ini bermanfaat.

Jilka ada permasalahan yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kotak komentar...


Artikel Terkait