Komunikasi merupakan suatu proses dimana terjadinya pertukaran informasi dari dua pihak atu lebih yang mengarah pada pemenuhan atas kebutuhan seseorang baik individu maupun organisasi dalam kebutuhannya akan informasi. suatu komunikasi dapat terjadi kapan saja, dimana saja, dan pada siapun juga. komunikasi dapat dibedakan menjadi komunikasi spontanitas dan komulikasi terencana. komunikasi spontanitas adalah komunikasi yang terjadi secara tiba - tiba, komunikasi ini terjadi diluar kehendak seseorang. sebagai contoh saat kita tiba - tiba bertemu dengan seorang teman di perjalanan, atau kita bertemu dangan rekar kerja, atau bisa juga kita berkomunikasi dengan orang yang beru kita kenal saat itu juga. sedangkan komunikasi terencana merupakan suatu komunikasi yang dimana prosesnya sudah direncanakan. sebagai contoh saat kita berencana ingin menemui atasan, maka kita harus mempersiapkan diri dengan apa yang akan kita bicarakan nantinya dengan atasan kita. selain contoh itu kita juga bisa mengambil contoh saat kita kan mempersentasikan pekerjaan kita ataupun akan mempersentasikan tugas. sebelum proses persentasi terjadi kita akan merancang terlebih dahulu apa yang akan kita jelaskan, bagaimana cara kita meyakinkan audiens atau atasan.
Banyak hal yang dapat kita lakukan dalam proses komunikasi, karna komunikasi itu sangat luas sekali.komunikasi sendiri banyak aturan - aturan yang berlaku, diantaranya adalah Etika dan Norma - norma yang pasti harus dijaga. Proses komunikasi akan dapat berjalan dengan baik bahkan sangat baik jika kita mengikuti kaedah atau etika dalam komunikasi. sebagai contoh kita tidak boleh berbicara dengan cara yang kasar. dengan kita mengikuti aturan tersebut, maka secara tidak langsung orang yang kita ajak berbicara atau berkomunikasi setidaknya akan lebih merasa nyaman dan tidak merasa terganggu. sebaliknya jika kita melakukan komunikasi dengan seenak diri kita, maka orang yang kita ajak berbicara atau berkomunikasi pun tidak akan merasa nyaman, masih baik jika lawan komunikasi kita tidak menanggapi dengan cara yang tidak baik pula.
dalam penerapanya seseorang seringkali melakukan komunikasi dengan cara - caranya sendiri, sehingga sering sekali terjadi kegagalan dalam proses komunikasi. sebenarnya komunikasi bukan lah hal yang sulit untuk dilakukan, banyak sekali seseorang yang dalam kesehariannya pandai dalam berkomunikasi dengan teman - temannya, namun dibalik itu ia sering sekali mengalami kegagalan berkomunikasi dengan atasannya. hal seperti ini sering sekali terjadi, salah satu factor penyebabnya adalah nerves atau grogi. dengan demikian kita bisa melihat bahwa komunikasi sebenarnya bukan hal yang sulit, tetapi yang sulit adalah bagaimana kita berkomunikasi dengan diri kita sendiri, bagaimana kita meyakinkan diri kita akan yakin pada diri sendiri. Faktor utama yang menyebabkan Nerves atau grogi adalah ketidak percaya dirian dalam diri kita, sehingga saat kita berhadapan dengan seseorang yang kita anggap sangat penting kita sering kali marasa takut, takut salah, takut dimarah dan masih banyak lainnya. jadi intinya adalah bagaimana cara kita meyakinkan diri kita sendiri sebelum kita meyakinkan orang lain..